JURNAL UNIVERSITAS TANGERANG RAYA https://ejurnal.untara.ac.id/index.php/jurnal Journal Universitas Tangerang Raya en-US Mon, 22 Nov 2021 19:05:32 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas IV SD Tarakanita Tangerang https://ejurnal.untara.ac.id/index.php/jurnal/article/view/4 <p>Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan<br>mengimplementasi model pembelajaran experiential learning, memaparkan langkah-langkah pembelajaran yang tepat<br>melalui penerapan model pembelajaran experiential learning, dan mengidentifikasikan respons siswa terhadap<br>penerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Penelitian<br>menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian guru dan siswa yang ada di kelas bahasa<br>Indonesia, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran experiential learning dapat<br>meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas IV SD Tarakanita. Data refleksi awal menunjukkan<br>bahwa nilai rata-rata kelas adalah 68 (cukup), kemudian menjadi 72,7 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi<br>82,1(baik) pada siklus II. (2) Implementasi pembelajaran experiential learning memilih beberapa langkah dengan<br>tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi, dan (3) Keaktifan siswa dalam memberikan<br>tanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulis<br>paragraf deskripsi. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan subjek dan objek data yang berbeda agar dapat<br>meyakinkan hasil penelitian yang dilakukan, dan dapat disumbangkan bagi guru untuk bahan kajian dan peningkatan<br>mutu pendidikan.</p> Rifa’atussalwa Hayati, Ignatius Joko Dewanto, Pramisidi Winanto Saputra Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN DAN SAINS https://ejurnal.untara.ac.id/index.php/jurnal/article/view/4 Mon, 22 Nov 2021 00:00:00 +0000 Pengembangan Bahan Ajar Indonesia melalui Cerita Islam di Madrasah Ibitidaiyah Negeri 1 Legok https://ejurnal.untara.ac.id/index.php/jurnal/article/view/5 <p>Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami merupakan salah satu sarana guna membantu<br>memahamkan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami dapat<br>digunakan sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas sehingga guru tidak hanya menggunakan<br>metode konfensional dalam mengajar. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Ibu Khotimah selaku guru kelas<br>IV-C MIN 1 Legok, dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang diterapkan di sekolah kurang bervariasi.<br>Selain itu kurangnya buku bacaan yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini<br>adalah mendiskripsikan spesifikasi produk yang dihasilkan berupa bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita<br>Islami untuk tematik kelas IV di MIN 1 Legok, menjelaskan perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yang<br>menggunakan bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami dan yang tidak menggunakan bahan ajar Bahasa<br>Indonesia melalui Cerita Islami.<br>Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan<br>kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan validasi ahli materi, ahli media, ahli<br>pembelajaran Bahasa Indonesia/guru kelas, dan siswa, sedangkan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan<br>rumus uji T dan menggunakan penghitungan komputer SPSS. Jenis penelitian ini adalah Research and<br>Development, yang mengacu pada model Dick &amp; Carey.<br>Hasil dari penelitian Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Melalui Cerita Islami di MIN 1 Legok<br>memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 95%, ahli desain mencapai 96%,<br>untuk ahli pembelajaran Bahasa Indonesia mencapai 98%, untuk hasil uji coba kelompok kecil 94%, dan untuk<br>hasil uji coba lapangan mencapai 95%, bahan ajar melalui Cerita Islami secara efektif meningkatkan hasil belajar<br>siswa yakni dengan melihat nilai rata-rata dari kelas eksperimen 92 dan dari kelas kontrol 76. Pada uji T dengan<br>menggunakan rumus uji t-tes berkorelasi dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 5,44<br>≥ 2,14 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku ajar yang<br>dikembangkan.</p> Novi Irwansyah, Widya Gusfita, Ade Fitri Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN DAN SAINS https://ejurnal.untara.ac.id/index.php/jurnal/article/view/5 Mon, 22 Nov 2021 00:00:00 +0000